pes-modif: Cara Mengatasi VRAM Unable Ketika Main PES 2013

pes-modif

Cara Mengatasi VRAM Unable Ketika Main PES 2013

Pernahkah sahabat ketika mau maen PES 2013 mengalami masalah seperti di bawah ini:

Cara Mengatasi VRAM Unable Ketika Main PES 2013

Intinya pesan tersebut itu adalah "Komputer kamu tidak memenuhi sistem minimal rekomendasi untuk menjalankan program ini, Video Card kamu tidak memenuhi standar spesifikasi. (GPU:VRAM 128MB)", artinya VRAM yg terbaca di komputer kamu tidak sampai 128MB maka munculah warning seperti di atas, anda mungkin bisa menjalankan program tsb dengan mengklik ignore tapi kadang kala hal tsb dapat menyebabkan crash dan kembali ke desktop.

Ok, ada sedikit trik bagaimana cara mengatasi warning tsb dengan menambah VRAM yg terbaca di komputer. Pada Umumnya, biasanya hal ini terjadi pada laptop yang menggunakan system operasi Windows 7 dan VGA Intel® graphics

1. Uninstall terlebih dahulu Driver VGA yang digunakan saat laptop tidak bisa memainkan game tersebut, caranya klick kanan pada My Computer, lalu klick Manage, lalu klick Device Manager, lau cari Display adapters, klick 2x pada VGA yang ada di Display adapters, lalu pilih uninstall, dan restart laptop.

2. Instal Driver "Windows XP" untuk mengagantikan Driver yang di Uninstall tadi, jika susah mencari drivernya silahkan download DISINI, pastikan VGA laptopnya itu memakai Intel® graphics, kenapa harus memakai Driver WIndows XP?? karna jika menggunakan driver untuk windows 7 pasti nantinya akan terbaca 64Mb, karna sebagian besar memory akan di alokasikan untuk performa grapichs jadi hanya 64MB yang tersisa.

3. Silakan coba mainkan game PES 2013 nya, dijamin tidak akan ada "WARNING". selamat bermain.

Note: Tidak semua laptop bisa memakai cara ini, mungkin karena video cardnya tidak support driver windows xp.

Semoga artikel Cara Mengatasi VRAM Unable Ketika Main PES 2013 dapat bermanfaat bagi sahabat

78 comments

  1. Ribet kang enakan pake pes edit aja kalo quality medium insha Allah lancar jaya dah,,hehe

    ReplyDelete
  2. Cara menginstall kembali driver yg udah di uninstall itu gimana gan...???

    ReplyDelete
  3. ya d install lgi driver bawaannya atuh gan,,

    ReplyDelete
  4. gan,.ane mau tanya nihh,.
    laptop ane kan pake' 2 VGA, Intel HD Graphic 1 GB sama AMD Radeon 2GB,.
    Pas ane main game,.kok laptop ane pakeknya yang Intel ya.,?
    kok nggak pake' AMD,.?
    Padahal kalo pake' AMD perfomance nya lebihh bagus daripada pake' Intel,.
    Gimana ya caranya ngganti VGA yang running saat main game?

    Mohon pencerahannya , .
    THANKS

    ReplyDelete
  5. d switch gan vganya ke amd, klik kanan desktop - graphics properties

    ReplyDelete
  6. cara menginstall lagi driver bawaan gimana gan?
    tolong pencerahannya Ya...??
    plisss gan

    ReplyDelete
  7. gan, gimana cara menginstall lagi driver bawaan yang udah di uniatall tadi, tolong pencerahannya gan........!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal download lagi aja Driver VGA nya dari situs resmi merk laptop agan, uninstal driver VGA xp nya, trus instal lagi deh Driver VGA win 7.
      Beres..

      Delete
  8. di graphichs properties.nya yang ada cuma switch to high performance sama switch to power saving aja,.
    nggak ada yang buat ngganti ke AMD,.
    trus gimana gan ?

    ReplyDelete
  9. GAK Bisa Tuh gan,MAlah LAptop saya jadu BLANK HITAM..
    jadinya Di INUL( Instal Ulanga ) lg deh...

    ReplyDelete
  10. mantab solusi yang tepat dan akurat hahahahaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  11. udah dicoba dan berhasil gak?

    ReplyDelete
  12. gan ada yang bisa bntuin aku gak,
    kenapa ya spesifikasi pes 2013 saya yang cpu kemarin bad, kok jadi unable ya, tlong dong bantuin, galau ni rasanya.....

    ReplyDelete
  13. bsa lebih rinci ngga, sebelumnya d apain?

    ReplyDelete
  14. sebelumnya tu saya mau update graphic driver nya gan lwat intel update driver utility, , shabis itu harus install java dulu baru bisa update drivernya, sebelum install java itu saya main pes 2013 nya, kok patah2 mainnya, pas lihat settingan nya, cpu saya yg bad jadi unable, udah saya restore , tpi tetap aja unable, tlong dong gan bantuin.

    ReplyDelete
  15. mksh gan atas info'x sangat membantu sekali...

    ReplyDelete
  16. siapa suruh main pes :p
    Mending main fifa, sudahku coba spec pc ku intel core i3
    Ram 2GB
    vram ku trbaca 64 mb, bsa mainkan fifa 13 quality medium, pes itu gak ada apa-apanya, kalian harus nyuruh spec tinggi mainin nya, sementara fifa hemat spec maininnya ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, bener tuh gan, ane juga sama spek laptopnya kaya punya agan, cuma yg ane RAMbya udah 4GB, maen PES 13 lemot, tapi Pas Instal FIFA 14 lumayan, meskipun agak lemot juga sama kaya maen pes 2013, cuma Driver VGAnya udah saya instal ke XP..

      Delete
  17. FIFA CACAT,Pecinta FIFA Rata2 Idiot Udah Tau Bahasnya PES 2013 Msh Aja Dikaitkan Sm FIFA 13

    ReplyDelete
  18. bukan ediot tapi kenyataan nya bener, banyak yg ngelakuin itu sampe2 pc orang jadi errorr, drivernya harus diginiin digituin gak kasian pc nya di ubah trus driver vga nya, di uninstall gitu, gak kasian pc kalian, mending jangan main pes main fifa aja, loq udah spec pc udah rendah gitu, kan alternatif buat mainin sepak bola, dari pada harus rela uninstall gitu drivernya, itu dah akibatnya,,, saran saya main saja fifa dijamin lebih ok dibanding pes, kalo pes itu komentatornya gx ada berbeda-beda cuma itu-itu doang , bosann,,,

    ReplyDelete
  19. Notebook Acer Aspire One 756 bisa gak digituinn.???

    Takutnya nanti ngeblengg...

    Mohon balasannya tks

    ReplyDelete
  20. sy gk bsa menjamin, tpi misalnya nanti klo gk bsa tinggal d install lagi driver win 7 nya atau lakukan system restore

    ReplyDelete
  21. Hot news buat agan-agan....
    speclaptop : Fujitsu LH 531 Dualcore B960 setara Intel i3 graphics intel vga onboard, IntelHD 2000 graphics driver, Win7 Ultimate, pes yg dipake pes2013 repack byblackbox jd sekitar 2,7 gb saja,(buat download cari di www.bagas31.com,instal seperti biasa jangan lupa pake kitsever 13 dan instal kitservernya di manager exe tanpa harus ada patchnya, semua proses dilakukan secara run administratorpas main akan timbul warning canot play game kemudian pilih ignore saja dan pes2013 berjalan lancar jaya

    note: kalau bisa mainnya jangan lama2 karena lapie akan panas jadi usakan pake coliing oadnya broagar tetep awet lapienya,gw juga sering selingan main pekepes6 atau WE9

    ReplyDelete
  22. Mantap !!!
    berhasil gan ..
    kalo mau ngebalikin ke driver awal gimana gan ?? ane pake VGA intel onboard

    ReplyDelete
  23. install driver vga yg intel nya bos, bawaan sebelumnya...

    ReplyDelete
  24. giLaaaa.....PC gua langsung ngeblank.....

    ReplyDelete
  25. sama gan...
    punya ane jga black screeen
    ,gmna nih....

    ReplyDelete
  26. pas di bios/nyalain pencet f8 utk masuk safe mode, lakukan uninstall driver vga, bsa lewat my computer properties device manager..

    ReplyDelete
  27. ko jadi banyak yg komplain ya gan...

    ikut kecew nih...

    ReplyDelete
  28. tolong bantu gw balikin lagi , gimana caranya? pc gw aneh nih gara2 ini

    ReplyDelete
  29. uninstall driver vga nya lwat device manager. install driver vga nya lg lewat driver bawaan laptopnya.

    ReplyDelete
  30. fifa itu dr install sampe maen bikin ribet w males coba lw extract filenya gilaaa...!! puluhan file coba,enteng dr mana tuh FIFA...PES byk toolnyan bisa bikin kita creatif ngedit..masalah laptop error tgl install ulang aja ribet amat..
    wat driver yg satu ini d gw cukup berhasil tp biarpun ga d rubah pes d laptop gw tetep jalan bos ga crash pdhl procsor msh pentium vga gw ga support alias hars lewat ignore, dr malem mpe pagi d pake terus bgdang sm kawan laptop ttep aman..

    ReplyDelete
  31. Laptop gua toshiba m645 ram: 4gb core i5 64bit, pake intel HD graphic sialnya vganya cuma 64mb :( trus gua pake nvidia geforce 310m kok gak bisa di switch ya?
    Kalo misalnya nge unistall intelnya bisa kgk buat main pes?
    Please butuhu pencerahan....

    ReplyDelete
  32. saran saya jngn di uninstall yg intelnya takut layar nya blank nantinya, lbih baik cek lagi driver vga nvidia nya udah terinstall apa belum?

    ReplyDelete
  33. meeen...ribet amat,tadi tk coba ngeblank..
    kmrn bisa good..kok skrg unable..piye gan?pliss...pencerahannya..

    ReplyDelete
  34. Wah itu hanya berlaku bagi yang win 7 nya diupgrade dari in xp, kalau laptopnya baru dan diinstall dr windows 7 langsung ya nggk bisa. Mana bisa driver VGA untuk xp dipake di win7, klau nggak pecaya cobain aja sendiri....

    ReplyDelete
  35. Cara nemuin driver bawaanya gimana gan?? Ane mau balik install lagi driver.. cz driver winxp ane install gk bisa gan..

    ReplyDelete
  36. goog work nih gaaan heheheh maakasiiih gaan... jadi bisa main pes 2013 hehe

    ReplyDelete
  37. download aja drivernya d gugel, kata kuncinya nama vga nama laptop + serinya. contoh download driver vga intel hd graphich asus sekian2

    ReplyDelete
  38. kok pas install windows xp nya error gan ?

    ReplyDelete
  39. error kya gmna cba kirim screenshot nya ke fp

    ReplyDelete
  40. ribet amat sih Boss...
    toh tinggal beralih ke Win XP aja kok repot.. huallaaahhh...

    ReplyDelete
  41. MAU TAU cara paling paling gampang?nih caranya agan arus dwnload kit server terbaru di google terus ekstrak jika file nya RAR.dan pindah kan/copy file tersbt ke directory pes 2013.contohnya saya (localDisk C:programfiles/KONAMI/pes 2013 lalu paste.setelah itu pastikan pes tidak di READ ONLY untuk mengeceknya klik properties di aplikasi pes2013 lalu klik general dan lihat bacaan read only nya ke contreng gak klo ke contreng hilangkan contrengnya.setelah itu agan ke kit server lalu run as admin di aplikasi config.exe lalu masukan setingan nya contreng semuanya dan masukan resolusi layar agan dan setting ke medium udah gitu minimize lalu masuk ke aplikasi manager.exe dan klik attach selesai selamat bermain 100% work loh soalnya cuma saya yg tau cara ini.gak usah repot repot dwnload pes edit yg filenya sampe 1gb kalo ini cuma perlu modal data 20 mb udah bisa maen pes lancar tanpa stop working tanpa lag lagi semoga bermanfaat dan agan bisa maen lancar

    ReplyDelete
  42. PES Edit itu pembodohan namanya.karna yg dibutuhkan hanyalah kit server bukan pes edit.

    ReplyDelete
  43. kalo saya bisa ga ya? soalnya takuta nya nge blank ?? tolong ya makasih

    ReplyDelete
  44. biar cepet, ganti laptop yg spek tinggi, atau ga rakit PC :)))))

    ReplyDelete
  45. intinya kalo mau nambah vram ,iya saya betulin cara nambahin itu bisa ...cuman nambah aja jmlah vramnya , tp ttep aja kalo buat ngegame itu gak ngaruh apa2, ttep sama aja, kalo mau gak crash atau pun stop working saat main pes 2013 cukup diotak atik aja KItserver 13 nya, laptop ane gpu/vram nya cuman 64 mb, tp lncar2 aja , gak nge lag/patah2, enteng juga daan ga lemot pas mainin game nya...
    cba deh diotak atik aja kitserver13 nya, djamin bs kog...saya udh buktiin 100% work, selamat mencoba

    ReplyDelete
  46. gan klo ane mobile intel itu gimana gan

    ReplyDelete
  47. Klo utk windows 8 gmn cara-nya Gan..laptop ane lenovo core i3,intel hd graphics makasi

    ReplyDelete
  48. semua blog sudah saya kunjungi
    Tapi yang ketemu cuma yang gini doank
    Sudah berapa kali saya nemuin blog samaseperti ini
    Tp ttp gak ngaruh \....................

    ReplyDelete
  49. punya saya berhasil 100000000000000000000% :D

    ReplyDelete
  50. halo sobat yg msh blom berhasil juga mengatasi gpu dan vram pes2014. mampir dipostingan saya syapa tau berhasil goodluck yah sukses selalu , http://adf.ly/k8B7U | nawdir.93.blogspot.com

    ReplyDelete
  51. adayg tau cara lock menu editdi pes13 ga..? hihi pada curang klo maen, pada ngedit..

    ReplyDelete
  52. ada efek sampingnya ga tuh????

    ReplyDelete
  53. Informasi dari agan utsman bazemul dan Tri Parwanto berhasil. terima kasih. Untuk agan Mohammad Ahsanul M/pemilik blog saya berterima kasih juga. Siip.

    ReplyDelete
  54. laptop saya meledak gannnnnnnn,tangung jawab ,,,gannnnnnnnnnn.......

    ReplyDelete
  55. Woi bangsat... gara gara lo ya nyuruh uninstall driver jadi makin ribet gw tod... bisa juga kagak.. muter muter doang... bangke lo emang... pasti bapak lo kulit kacang.

    ReplyDelete
  56. gan udah ane uninstal, skrg mau diinstal lagi tp ga bisa katanya minimum requirements ga masuk pdhl dr spek leptop ane bagus, dulu juga bisa maen PES secara normal. ini kenapa ya gan? gimana kelanjutannya ya?

    ReplyDelete
  57. KUNJUNGI PUNYA GUA PASTI BERMANFAAT KARENA MENGATASI PES SEPERTI ITU TANPA ADA ERROR DIJAMIN SUKSES
    alamatnya http://lifeyourchoose.blogspot.com/

    ReplyDelete
  58. min, lenovo g40 kok vga ndak kedetek terus ya? ada solusi kah?

    ReplyDelete
  59. @Mohammad Ahsanul Mwin8 bisa gak yaa ,,salnya milik saya win8

    ReplyDelete
  60. Laptop saya asus a451ln i5 haswell nvidia840 2gb ram 4gb , kenapa selalu ada warning tiap maen, dan saat maen masuk game plan tiba2 force closed? Thabks before

    ReplyDelete
  61. pastikan driver nvidianya udh terinstal gan, ketika mau menjalankan pes nya klik kanan dlu icon pes nya disana ada opsi run with graphic prosesor nah pilih yg high performance nvidia

    ReplyDelete
  62. Klo buat windows 8 bisa gk gan?

    ReplyDelete
  63. Gan, kenapa ya laptop saya jadi berubah tampilannya ketika saya intall drivernya gan
    tolong tips nya untuk memulihkan kembali

    ReplyDelete
  64. berubah jadi gmna gan, uninstall lg drivernya, cb pke driver yg lama

    ReplyDelete
  65. Pakai xbox aja gak pakai ribettt

    ReplyDelete
  66. Pakai xbox aja gak pakai ribettt

    ReplyDelete
  67. Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat. tambah lagi gan infonya

    visit : http://www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  68. http://www.olahandroid.com/2015/10/cara-instal-pes-2013-di-pc-yang-tidak.html

    ReplyDelete
  69. gan.... leptop saya, lenovo G40-70 itu VRAMnya yg ke baca cuma 32 mb,,,
    gmna gan solusinya biar bisa buat nge pess

    ReplyDelete
  70. Punya saya intel celeron ,kok kalau buat main pes ngelag teerus ya ???

    ReplyDelete
  71. Gan itu driver windows xp bisa di pake buat windows 7 54bit ga ya?

    ReplyDelete